Header Ads

test

TAUHID RUBUBIYAH

Tauhid Rububiyyah



Tauhid rububiyah adalah meyakini bahwa ilah satu-satunya hanyalah Allah Subhanahu wa Ta’ala serta mengesakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dzat yang telah menciptakan, memberi rizki, menghidupkan, mematikan, menguasai dan mengatur segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Dalil syar’i tentang tauhid rububiyah sangatlah banyak, diantaranya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam :

Faathir [35]: 3, ayat ini berkaitan dengan tentang pertanyaan Allah yang Maha pemberi rizki, adakah pencipata selain Dia yang bisa memberimu rizki.

Az-Zumar [39]: 62, ayat ini mengabarkan bahwa Allah sajalah yang Maha Pencipta dan Maha Memelihara ciptaannya.

Ali Imran [3]: 189, ayat ini menjelaskan bahwa langit dan bumi adalah milik Allah yang Maha Perkasa

Yunus [10]: 31, ayat berupa pertanyaan Nabi Muhammad Saw kepada kaum kafir Quraisy pada masa jahiliyah, tentang siapa yang memberi rizki, yang menciptakan panca indra yang sempurna, menghidupkan dan mematikan. Namun apa jawaban orang-orang kafir? Mereka menjawab “Allah”. Lalu ketika mereka ditanya soal peribadatan mereka mengingkari peribadatan yang hanya kepada Allah.

Seseorang belumlah bisa dikatakan muslim jika dia hanya meyakini tauhid rububiyyah, karena orang kafir juga mengimani tauhid rububiyah ini,mereka yakin bahwa Allah lah yang menciptakan, memberi rizki, menghidupkan, mematikan, menguasai dan mengatur segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Sebagaimana firman Allah pada QS. az-Zumar [39]: 38.

Perhatikan juga QS. Yunus [10]: 31! Dalam ayat tersebut menggambarkan bahwa orang-orang kafir juga meyakini bahwa Allah lah yang telah menciptakan, memberi rizki, meghidupkan dan juga mematikan, namun demikian hal ini tidaklah menjadikan mereka termasuk orang-orang muslim, mengapa? karena mereka belum mengimani tauhid yang kedua (yaitu tauhid uluhiyyah) yang merupakan inti dari keislaman seseorang.

Tidak ada komentar

terima kasih telah berkomentar