Header Ads

test

TAUHID ASMA WA SIFAT

Tauhid Asma Wa Sifat



Tauhid yang meyakini bahwa Allah saja yang Maha Esa dengan mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah, yang telah Allah tetapkan sendiri untuk-Nya dalam Al Quran dan yang telah Rasullullah shallallahu ‘alaihi wassalam tetapkan untukNya, tanpa melakukan tahrif (ta’wil), ta’thil, takyif ataupun tamtsil terhadap nama dan sifat-sifat Allah.

Ini menunjukkan bahwa sifat dan nama Allah tidaklah sama dengan makhluknya dari segi apapun. Sekali lagi bahwa Allah berbeda dengan makhluk dan kita tidak boleh sama sekali membanyangkan bentuk, rupa Allah sebagaimana kaum Jassmiah (orang-orang yang menggambarkan sifat-sifat Allah), sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman pada QS. asy-Syura [42]: 11.

Demikian macam macam tauhid berdasarkan Quran dan sunnah, adapun sifat Allah yang berjumlah 20 adalah ijtihad ulama muta akhirin yang ditulis oleh mereka dalam buku-bukunya, saya tidak menampilkannya karena saya belum mendapati ayat maupun dalil yang membatasi sifat Allah hanya 20. Ahlu suna wal jamaah sepakat bahwa sifat dan nama Allah tidak terbatas pada yang 20, atau 99 saja, karena nama Allah dalam Alquran jumlahnya jauh lebih banyak daripada itu. Wallahualam.

Tidak ada komentar

terima kasih telah berkomentar