Header Ads

test

MATERI PAI SMA/SMK KHUTBAH, TABLIGH DAN DAKWAH (SAMPAIKAN DARIKU WALAUPUN SATU AYAT) KELAS 11

MATERI PAI SMA/SMK KELAS 11 KHUTBAH, TABLIGH DAN DAKWAH 
(SAMPAIKAN DARIKU WALAUPUN SATU AYAT)
 
KHUTBAH
Khutbah memiliki kedudukan yang agung dalam syariat Islam sehingga sepantasnya seorang khatib melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Seorang khathib harus memahami aqidah yang ṡaḥihah (benar) sehingga dia tidak sesat dan menyesatkan orang lain. Seorang khatib seharusnya memahami fiqh sehingga mampu membimbing manusia dengan cahaya syariat menuju jalan yang lurus. Seorang khatib harus memperhatikan keadaan masyarakat, kemudian mengingatkan mereka dari penyimpangan-penyimpangan dan mendorong kepada ketaatan. Seorang khathib sepantasnya juga seorang yang ṡālih, mengamalkan ilmunya, tidak melanggar larangan sehingga akan memberikan pengaruh kebaikan kepada para pendengar.
 
TABLIGH
Salah satu sifat wajib bagi rasul adalah tablig, yakni menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada umatnya. Muslim punya tanggung jawab untuk meneruskan kebiasaan bertabligh tersebut.
 
DAKWAH
Salah satu kewajiban umat Islam adalah berdakwah. Sebagian ulama ada yang menyebut berdakwah itu hukumnya farḍu kifayah (kewajiban kolektif), sebagian lainnya menyatakan farḍu ain

 
















 

 

Tidak ada komentar

terima kasih telah berkomentar